Posted by : ian zempakh Sabtu, 09 Maret 2013


Gunung Papandayan merupakan gunung yang menarik untuk didaki bagi para penggiat pendakian gunung ataupun untuk para pecinta wisata alam. Menikmati pesona alam Papandayan adalah sebuah pengalaman yang menakjubkan. Menjadi salah satu pengalaman dan menjadi saksi, bahwa alam Indonesia teramat cantik dan tiada duanya.




Gunung Papandayan merupakan Gunung paling selatan dari deretan Pegunungan yang menghampar dari selatan kota Bandung. Gunung Papandayan ini merupakan Gunung yang sangat populer, terkenal akan keindahan dan beberapa keunikan dari gunung Papandayan. Bagi para wisatawan yang ingin mendaki Gunung Papandayan ini, ada beberapa jalur yang dapat dilewati dan ditempuh. Yaitu dari Pengalengan dan Cisurupan Kabupaten Garut.

Jika kita ingin mendaki lebih cepat bisa ditempuh dari Cisurupan, ini dikarenakan kondisi aspal yang sudah cukup baik dari bawah sampai puncak. Sehingga angkutan darat bisa mempercepat pendakian, tetapi jalan terhenti di alun - alun Salada. Karena disini kita diharuskan untuk menyewa guide untuk menuntun kita untuk perjalanan selanjutnya, khususnya bagi yang belum pernah datang ke Gunung Papandayan.


Selama dalam perjalanan mata kita akan menikmati keindahan alam, kita dapat melihat pohon yang hangus terbakar dan tanah yang mengeluarkan asap panas di celah bebatuan gunung. Di tengah perjalanan dengan puncak gunung Papandayan, kita dapat menyaksikan keunikan dan fenomena alam. Yaitu semburan uap panas yang keluar dari perut bumi, kita bisa mengabadikan momen tersebut melalui foto.

Tetapi hati - hati akan tanahnya yang lembek dan labil. Setelah itu kita akan melewati Telaga Warna. Danau alam yang berwarna hijau dan mengeluarkan bau gas yang sangat pekat. Sesampai dipuncak gunung Papandayan ada perasaan senang setelah kita mencapainya, kita seolah - olah berada diatas awan. 

Selain keindahan alam, banyak flora yang terdapat di puncak gunung Papandayan, yaitu bunga Edelweis, bunga yang tergolong langka dan hanya tumbuh di tempat tertentu dan di ketinggian tertentu karena tidak setiap pegunungan ditumbuhi bunga yang dijuluki Bunga Abadi ini. Yang tidak pernah layu dan memiliki aroma yang khas.


Tempat wisata ini banyak dikunjungi Wisatawan karena kita dapat mendaki turun dan naik selama satu hari saja, Anda berangkat pagi - pagi sekali dari bandung. Dan setelah sampai Anda mendaki sampai pada puncak gunung pada siang hari, setelah puas menikmati keindahan alamnya Anda dapat kembali pada sore harinya. 

Sehingga sangat sesuai dengan rekreasi keluarga, peranan guide juga sangat dibutuhkan karena Gunung Papandayan masih tergolong gunung yang aktif. Gunung ini pernah meletus beberapa waktu yang lalu dan mengeluarkan awan panas yang cukup tebal, sehingga merusak habitat flora dan fauna disekitar gunung tersebut. Kerusakan yang terjadi oleh letusan Gunung Papandayan membuat keunikan sendiri terhadap pemandangan Gunung Papandayan tersebut, jika Anda ke Bandung  atau Garut. Jangan lewatkan wisata Alam nan indah ini.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Copyright © Informasi Pembelajaran Ilmu Alam - ian zempakh - Powered by Blogger - Designed by ian zempakh